Dewi Ekasari Kusumastuti

Buat Lencana Anda Dewi- Pinky Blog: Perkembangan Peserta Didik

PLB 2009

PLB 2009
KKL Jakarta-Bandung

Kamis, 21 Juni 2012

Perkembangan Peserta Didik


a. Prinsip-Prinsip Belajar Anak SLB
1.      Asas keperagaan
Karena anak tuna grahita sangat lambat daya tangkapnya maka penggunaan alat bantu mengajar sangat bermanfaat. Manfaat penggunaan alat peraga bagi anak tuna grahita yaitu untuk menarik minat anak untuk belajar agar anak tidak cepat bosan karena anak tuna grahita cepat sekali bosan dalam menerima pelajaran, mencegah verbalisme yaitu anak hanya tahu kata-kata tanpa mengerti maksudnya anak tuna grahita sering menirukan apa yang didengar atau dikatakan oleh temannya padahal mereka tidak tahu maksud yang dikatakan tersebut, dengan alat peraga pengalaman anak akan diberikan secara baik yaitu dari yang paling kongkret menuju ke hal yang kongkret akhirnya ke hal-hal yang abstrak, anak akan mendapat pengertian yang mendalam. Untuk anak tuna grahita penggunaan alat peraga ini lebih banyak karena berguna membantu proses berpikir anak, meskipun pengertian materi-materi tersebut sangat sederhana.
2.      Asas Kehidupan Kongkret
Di dalam penerapan asas ini anak diperlihatkan dengan benda atau dengan situasi yang sesungguhnya, kemudian dijelaskan pula penggunaan atau kenyataan yang sesungguhnya dalam kehidupan sehari-hari ( diterapkan untuk anak tuna netra )
3.      Asas Individual
Maksud asas individual yaitu pemberian bantuan atau bimbingan kepada seseorang sesuai dengan kemampuannya agar dapat belajar dengan baik. Asas ini penting sekali bagi anak tuna grahita dikarenakan kemampuannya yang terbatas sehingga menghambat perkembangan kepribadian.
Oleh karena itulah perlu pengajaran individual. Karena selain kemampuan yang terbatas, anak tuna grahita cenderung terganggu emosinya/ emosi tidak stabil dimana hal ini merupakan penghambat, maka perlu pengajaran individual guna mencari sebab dan cara mengurangi gangguan tersebut.
4.      Asas Skala Perkembangan Mental
Pengajaran akan berhasil apabila di dalam suatu kelas perkembangan mental anak sama atau hampir sama, sehingga memudahkan dalam memberikan materi pelajaran. Meskipun demikian dalam menyampaikan pelajaran guru harus menyesuaikan dengan kemampuan masing-masing anak.
5.      Asas Sosialisasi
Digunakan untuk melatih siswa dalam bersosialisasi di lingkungan masyarakat agar tidak mengalami / mengurangi rasa malu/ minder karena berbeda dengan anak – anak yang lain.
b.      Prinsip-prinsip berimplikasi bagi siswa dan guru
Karena seorang guru harus tahu apa yang dibutuhkan oleh anak didiknya sehingga guru harus menggunakan prinsip-prinsip yang tepat dalam pengajaran kepada anak didiknya agar tujuannya dapat tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar