RPP MIKRO
Bidang Studi
: Ilmu Pengetahuan
Sosial
Mata Pelajaran
: Ilmu Pengetahuan
Sosial
Pokok Bahasan : Jual Beli
Kelas
: III
Semester
: 2
Waktu
: 15 menit
I.
Ketrampilan yang dilatihkan : Ketrampilan mengelola kelas
Komponen Ketrampilan
1.
Menunjukkan sikap tanggap
2.
Membagi perhatian
3.
Memusatkan perhatian
4.
Memberi petunjuk yang jelas
5.
Menegur
6.
Memberi penguatan
7.
Menghapus penguatan
8.
Memberi hukuman
9. Membatalkan
pemberian kesempatan
II.
Catatan pengetahuan siswa
·
Siswa telah memperoleh pengetahuan tentang pengertian jual beli.
·
Siswa telah mengetahui tentang barang-barang kebutuhan sehari-hari.
III. Tujuan Umum Pembelajaran : (TUP) /Kompetensi Dasar
(KD)
Siswa dapat memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan
sekolah.
IV. Tujuan Khusus Pembelajaran (TKP) = indikator
Setelah memperoleh penjelasan
dari guru, siswa dapat menyebutkan tempat jual
Beli di lingkungan rumah.
V. Mata Pelajaran
IPS
VI. KegiatanMengajar
No
|
Kegiatan
|
Komponen
Ketrampilan
|
|
Guru
|
Siswa
|
||
1
|
Tahap pembukaan:
Salam
Berdoa
Presensi kehadiran siswa
|
Mendengarkan dan
memberikan respon
|
Pembuka
|
2.
|
Guru memberitahukan mata
pelajaran apa yang akan dipelajari.
Guru mengulang sedikit materi
pelajaran pada minggu lalu tentang jual beli dengan mengajukan pertanyaan
pada siswa
“ Anak-anak, ada yang masih
ingat, apa itu kegiatan jual beli ? ”
( Memandang siswa secara
seksama dan mendekati siswa yang masih belum siap mengikuti pelajaran)
Guru memperjelas jawaban siswa
|
Mendengarkan
Menjawab
Mendengarkan
|
Menunjukkan sikap tanggap
|
3.
|
Guru menjelaskan materi
pelajaran selanjutnya tentang macam-macam tempat kegiatan jual beli di rumah.
( Mengadakan kontak pandang
yang singkat pada sekelompok siswa atau seorang siswa secara individual
dan memberi komentar singkat terhadap aktivitas yang dilakukan siswa )
|
Mendengarkan
|
Membagi perhatian
|
4.
|
Guru memperlihatkan gambar Warung, Toko, Pasar dan
Supermarket, kemudian siswa diminta untuk menyebutkan gambar apa pada gambar
1, gambar 2, gambar 3 dan gambar 4.
|
Memperhatikan
|
Memusatkan perhatian
|
5.
|
Guru membagi 2 kelompok
( 1 kelompok terdiri dari 2 orang )
Guru meminta kelompok untuk mendiskusikan
Kelompok 1
perbedaan antara warung dan toko
Kelompok 2
perbedaan antara pasar dan supermarket
( berdasarkan penjelasan dari guru )
|
Bergabung dengan
kelompok
Diskusi
|
Memberi petunjuk
yang jelas
|
6.
|
Guru menunjuk perwakilan dari masing-masing kelompok
untuk menyampaikan hasil diskusi
Guru memperjelas jawaban dari masing-masing kelompok
( Bertindak tegas jika
ada siswa yang ramai sendiri )
|
Menyampaikan hasil
diskusi
Mendengarkan
|
Menegur
|
7.
|
Guru memberikan pertanyaan
kepada siswa “ Sebutkan nama warung, toko, pasar dan supermarket yang ada
disekitar rumahmu ? ”
( masing-masing 1 contoh pada
masing-masing siswa )
Si A ( Warung )
Si B ( Toko ),
Si C ( Pasar )
Si D ( Supermarket )
( guru memberi penguatan
dengan berkata “ pintar ” pada siswa yang berhasil menjawab
dengan benar
Dan berkata “ jawaban
tidak tepat pada siswa yang menjawab salah ”)
|
Menjawab
|
Memberi penguatan
Menghapus penguatan
|
9.
|
Guru memberikan pertanyaan “
apa saja barang-barang kebutuhan sehari-hari ? ”
( menunjuk anak yang ramai
untuk menjawab pertanyaan )
|
Memberi hukuman
|
|
10.
|
Bila anak salah menjawab, guru
melempar pertanyaan pada anak lain.
|
Menjawab
|
Membatalkan pemberian
kesempatan
|
11.
|
Menutup pelajaran
Guru mengulang sedikit materi
pelajaran yang baru saja dipelajari dengan menanyakan kepada siswa
“ Apa saja yang telah kita
pelajari tadi ? ”
Guru menyampaikan kesimpulan
tentang apa yang telah dipelajari
Berdoa
Salam
|
Mendengarkan dan
memberikan respon
|
Penutup
|
VI. Alat dan Sumber Pelajaran
Media
: Gambar Warung, Toko, Pasar dan Supermaket
Sumber :
Buku paket IPS kelas III SD
VII. Evaluasi
Dikerjakan
selama proses berlangsung
VIII. Kesan Sesudah Penyaji
Surakarta, 31 Mei 2012
Pembimbing Nama Calon Guru
( Drs. Hermawan, M. Si )
( Dewi Ekasari. K )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar