Dewi Ekasari Kusumastuti

Buat Lencana Anda Dewi- Pinky Blog: RPP Mikro Mengelola Kelas

PLB 2009

PLB 2009
KKL Jakarta-Bandung

Senin, 18 Juni 2012

RPP Mikro Mengelola Kelas


RPP MIKRO

                           Bidang Studi              : Ilmu Pengetahuan Sosial
                           Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
                           Pokok Bahasan          : Jual Beli
                           Kelas                          : III
                           Semester                     : 2
                           Waktu                         : 15 menit

                   I.            Ketrampilan yang dilatihkan : Ketrampilan mengelola kelas
             Komponen Ketrampilan
                     1.      Menunjukkan sikap tanggap
                     2.      Membagi perhatian
                     3.      Memusatkan perhatian
                     4.      Memberi petunjuk yang jelas
                     5.      Menegur
                     6.      Memberi penguatan
                     7.      Menghapus penguatan
                     8.      Memberi hukuman
                     9.      Membatalkan pemberian kesempatan
                II.            Catatan pengetahuan siswa
                      ·         Siswa telah memperoleh pengetahuan tentang pengertian jual beli.
                      ·         Siswa telah mengetahui tentang barang-barang kebutuhan sehari-hari.

             III.       Tujuan Umum Pembelajaran : (TUP) /Kompetensi Dasar (KD)
                Siswa dapat memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah.
             IV.       Tujuan Khusus Pembelajaran (TKP) = indikator
                Setelah memperoleh penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan tempat jual
                Beli di lingkungan rumah.
                V.       Mata Pelajaran
              IPS
             VI.       KegiatanMengajar
No
Kegiatan
Komponen
Ketrampilan
Guru
Siswa
1
Tahap pembukaan:
Salam
Berdoa
Presensi kehadiran siswa
Mendengarkan dan memberikan respon
Pembuka
2.












Guru memberitahukan mata pelajaran apa yang akan dipelajari.
Guru mengulang sedikit materi pelajaran pada minggu lalu tentang jual beli dengan mengajukan pertanyaan pada siswa
“ Anak-anak, ada yang masih ingat, apa itu kegiatan jual beli ? ”
( Memandang siswa secara seksama dan mendekati siswa yang masih belum siap mengikuti pelajaran)
Guru memperjelas jawaban siswa
Mendengarkan

Menjawab








Mendengarkan
Menunjukkan sikap tanggap
3.
Guru menjelaskan materi pelajaran selanjutnya tentang macam-macam tempat kegiatan jual beli di rumah.
( Mengadakan kontak pandang yang singkat pada sekelompok siswa atau seorang siswa secara  individual dan memberi komentar singkat terhadap aktivitas yang dilakukan siswa )
Mendengarkan
Membagi perhatian
4.
Guru memperlihatkan gambar Warung, Toko, Pasar dan Supermarket, kemudian siswa diminta untuk menyebutkan gambar apa pada gambar 1, gambar 2, gambar 3 dan gambar 4.
Memperhatikan


Memusatkan perhatian
5.
Guru membagi 2 kelompok
( 1 kelompok terdiri dari 2 orang )
Guru meminta kelompok untuk mendiskusikan
Kelompok 1
perbedaan antara warung dan toko
Kelompok 2
perbedaan antara pasar dan supermarket
 ( berdasarkan  penjelasan dari guru )
Bergabung dengan kelompok
Diskusi
Memberi petunjuk yang jelas
6.
Guru menunjuk perwakilan dari masing-masing kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi
Guru memperjelas jawaban dari masing-masing kelompok
 ( Bertindak tegas jika ada siswa yang ramai sendiri )
Menyampaikan hasil diskusi


Mendengarkan
    Menegur
7.
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa “ Sebutkan nama warung, toko, pasar dan supermarket yang ada disekitar rumahmu ? ”
( masing-masing 1 contoh pada masing-masing siswa )
Si A ( Warung )
Si B ( Toko ),
Si C ( Pasar )
Si D ( Supermarket )
( guru memberi penguatan dengan berkata “ pintar ” pada siswa yang berhasil menjawab dengan    benar
 Dan berkata “ jawaban tidak tepat pada siswa yang menjawab salah ”)
Menjawab
Memberi penguatan












Menghapus penguatan
9.
Guru memberikan pertanyaan “ apa saja barang-barang kebutuhan sehari-hari ? ”
( menunjuk anak yang ramai untuk menjawab pertanyaan )

Memberi hukuman
10.
Bila anak salah menjawab, guru melempar pertanyaan pada anak lain.
Menjawab
Membatalkan pemberian kesempatan
11.
Menutup pelajaran
Guru mengulang sedikit materi pelajaran yang baru saja dipelajari dengan menanyakan kepada siswa
“ Apa saja yang telah kita pelajari   tadi ? ”
Guru menyampaikan kesimpulan tentang apa yang telah dipelajari
Berdoa
Salam
Mendengarkan dan memberikan respon
Penutup
   VI.  Alat dan Sumber Pelajaran
Media            : Gambar Warung, Toko, Pasar dan Supermaket
Sumber          : Buku paket IPS kelas III SD            
VII.   Evaluasi
Dikerjakan selama proses berlangsung
      VIII.   Kesan Sesudah Penyaji

                                                                                                                                      Surakarta, 31 Mei 2012
                                  Pembimbing                                                                                       Nama Calon Guru
                       (  Drs. Hermawan, M. Si )                                                                           ( Dewi Ekasari. K )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar