Dewi Ekasari Kusumastuti

Buat Lencana Anda Dewi- Pinky Blog: Pengertian Anak Tunagrahita Ringan

PLB 2009

PLB 2009
KKL Jakarta-Bandung

Jumat, 14 Desember 2012

Pengertian Anak Tunagrahita Ringan

Istilah yang umum dikenal untuk anak tunagrahita ringan adalah debil, di kalangan pendidik Amerika (America Education) ialah educable mentally retarded yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya mampu didik.
Moh. Amin (1995;23), mengemukakan yang dimaksud anak tunagrahita ringan adalah:  mereka yang meskipun kecerdasannya dan adaptasi sosialnya terhambat, namun mereka mempunyai kemampuan untuk berkembang dalam bidang pelajaran akademik, penyesuaian sosial, dan kemampuan bekerja. IQ anak tunagrahita ringan berkisar 50-70.
Sutjihati  Sumantri (1996;86) mengemukakan bahwa: anak tunagrahita ringan disebut juga moron atau debil, yakni mereka yang memiliki IQ 52-68 menurut Binet dan IQ 55-69 menurut scala  Wescheler (WISC). Mereka masih dapat diajar membaca, menulis dan berhitung sederhana, dapat dididik menjadi tenaga kerja semi-skilled dan tidak mampu menyesuaikan diri secara independen.
Y.B. Suparlan (1983;30) mengemukakan secara lebih spesifik sebagai berikut: IQ penderita debil antara 50-70 biasanya mereka juga disebut educable children,  karena mereka tidak saja dapat dilatih tetapi juga dapat dididik. Mereka dapat dilatih tentang tugas-tugas yang lebih tinggi (kompleks) dalam kehidupan sehari-hari, dapat pula dididik dalam bidang sosial dan intelektual. Pelajaran membaca, menulis dan berhitung dapat diajarkan menurut tingkat-tingkat tertentu.
Dari ketiga pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa anak tunagrahita ringan masih memungkinkan memiliki kemampuan membaca, menulis, dan berhitung menurut tingkatan–tingkatan tertentu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar