A. SASARAN
Anak ADHD yang sering mengalami gangguan konsentrasi dan memiliki perilaku agresif ( usia 2 – 6 tahun ).
B. TUJUAN
Untuk mengatasi gangguan konsentrasi dan meminimalkan / mengurangi perilaku agresif pada anak ADHD tersebut.
C. ALAT PERMAINAN
1) Palu
2) 4 Pasak yang berwarna – warni, yaitu merah, kuning, hijau, dan biru.
3) Papan pasak
D. CARA PERMAINAN
1) Sebelum bermain anak diperkenalkan terlebih dahulu pada alat-alat yang akan digunakan dalam permainan tersebut, yaitu palu, pasak, dan papan pasak.
2) Anak diberikan contoh terlebih dahulu cara memegang palunya dan mencontohkan beberapa kali cara memukul pasak.
3) Anak diminta menirukan dan membiasakan diri memukul pasak yang mana saja dengan kekuatan yang ia suka ( keras / pelan ).
4) Setelah anak merasa terbiasa dengan hal itu, perintah ditingkatkan dengan meminta anak untuk memukul pasak dengan warna tertentu, seperti ketika disebutkan warna merah, anak memukul pasak warna merah, dan sebagainya.
5) Kemudian anak diminta untuk memukul pasak dengan keras dan pelan sesuai dengan aba – aba yang diberikan, misal anak diperintahkan untuk memukul keras pada pasak warna kuning & merah, dan memukul pelan pada pasak warna biru dan hijau, kemudian diberikan aba – aba dengan menyebutkan warna – warna tertentu dan anak memukulnya sesuai dengan aba – aba yang telah diberikan.
6) Sebagai variasi permainan, dapat juga anak diperintahkan memukul pasak dengan kecepatan, kekuatan dan jumlah pukulan tertentu, misal anak diperintahkan untuk memukul pasak dengan cepat dan keras sebanyak 3 kali, dan sebagainya.
E. MANFAAT PERMAINAN
1) Sebagai sarana untuk mengenalkan warna pada anak
2) Sebagai senam konsentrasi bagi anak.
3) Dapat menyalurkan energi berlebih pada anak sehingga anak bisa menjadi lebih tenang dan fokus.
4) Dapat melatih motorik halus anak.
5) Meminimalkan / menghilangkan perilaku agresif anak.
6) Dapat Menghilangkan perilaku berlebihan yang tidak bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar